Selasa, 14 Desember 2010

Pidato Pildacil


Naskah Lomba Pildacil dari TKIT Mutiara Idaman Bangkalan.
Judul : Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua.

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Alhamdulillahirobbil’alamin. Washsholatu wassalamu’ala Muhammadin wa’ala alihi wa shohbihi ajma’in amma ba’du.

Yang kami hormati dewan juri, para bapak Ibu hadirin, hadirot yang dimulyakan Alloh subhanahu wata’ala, perkenankan saya NOVI dari TKIT Mutiara Idaman Bangkalan pada kesempatan kali ini saya menyampaikan ceramah singkat dengan judul Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua ( Birrul Walidain )

Allah telah mengajarkan kepada kita seluruh umat Islam dalam firmanNya :
ﻪﻳﺪﻟﺍﻮﺑﻦﺴﻧﻹﺍﺎﻨﻴﺻﻭﻭ

QS. Lukman 31 : 14. Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik dan berbakti kepada ibu dan bapaknya.

Dan dalam ayat lainnya Allah berfirman :QS Al Isro’ 17:23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu dan bapakmu.

Bapak, Ibu hadirin yang kami muliyakan, berbuat baik kepada orangtua adalah kewajiban, barang siapa berbuat baik kepada kedua orang tuanya berarti telah beriman kepada Allah dan telah mentaati perintah Allah dan sebaiknya.

Teman-temanku, siapa yang hari ini telah salim Kepada Ibu dan Bapaknya ? Siapa yang telah mendoakan Ibu dan Bapaknya ?

Tentu teman – teman telah salim pada orang tuanya dan secara rutin mendoakan orang tuanya karena kita semua, saya dan teman-teman adalah anak sholeh bukan ? Betul kita adalah anak sholeh yang ingin dicintai Allah serta dimasukkan ke surgaNya dan bukan anak durhaka yang dimurkai Alloh yang menjadi calon penghuni neraka.

Mengapa kita mesti berbuat baik dan berbakti kepada kedua orang tua kita ?

Karena beliau yang melahirkan kita, yang menggendong kita saat kita kecil, yang menyuapi makan kita, yang menyayangi kita sampai saat ini. Kita harus berbakti kepada mereka.

Rosulullah Sallallahu Alaihi Wassalam mengajarkan kepada kita agar selalu mendoakan kedua orang tua kita. Bagaimana doanya teman – teman ? Insya Allah teman-teman telah hafal semua.
Allahummaghfirli waliwalidaya warhamhuma kama robayani soghiro artinya : Ya Allah ampuni dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan sayangi mereka berdua sebagaimana mereka menyayangi aku diwaktu kecil.

Semoga kita menjadi anak yang senantiasa mendoakan orang tua kita sehingga di ampuni dosa kita dan dosa kedua orang tua kita dan semoga kita disayangi Allah, amiiin.

Kiranya cukup apa yang yang saya sampaikan, mohon maaf segala kekurangan. Ihdinasysyirothol mustaqim. Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar